Skip to main content

Cara Mudah Setting Network Adapter Pada VMware

Cara Mudah Setting Network Adapter pada VMware
CARAGILAKU - Bagi sobat yang ingin belajar mikroTik menggunakan MikroTik RouterOS yang cara menginstall nya telah saya bahas pada artikel sebelumnya. Kali ini saya akan membahas cara konfigurasi Network Adapter pada VMware. 

Artikel ini masih berkaitan dengan artikel sebelum nya tentang pembahasan Jenis Network Adapter pada Vmware dan VirtualBox , Jadi saya sarankan sobat membaca terlebih dahulu artikel sebelumnya.

Kali ini saya akan membahas terlebih dahulu tentang cara konfigurasi Network Adapter Virtual pada VMware. Untuk sobat yang menggunakan VirtualBox akan saya buat pembahasan dan tutorial nya secara terpisah di artikel berikutnya.

Sebelum memulai konfigurasi Network Adapter pada VMware, sobat harus memahami setiap jenis koneksi pada VMware. silahkan sobat baca kembali artikel sebelumnya agar dapat menentukan jenis adapter yang akan digunakan sesuai keperluan.

Cara Mudah Setting Network Adapter di VMware


Virtual Network Edtior pada VMware

Pertama sobat buka terlebih dahulu Virtual Network Editor software ini sudah terinstall ketika VMware diinstall di komputer/laptop. Dapat sobat temui di pojok kiri atas klik " Edit " dan klik " Virtual Network Editor.. " , maka akan muncul seperti gambar diatas.


Cara Mudah Membuat VMnet Network Adapter di VMware


Menambah Virtual Network Adapter pada VMware

Cukup dengan mengikuti seperti gambari dalam 3 langkah sobat telah berhasil membuat Virtual Network Adapter baru pada VMware. Pada gambar diatas VMnet3 sampai VMnet19 menunjukan berapa banyak Network Adapter yang dapat dibuat. Selanjutnya sobat hanya perlu mengkonfigurasi jenis adapter nya sesuai dengan keperluan.


Cara Mudah Membuat NAT Network Pada VMware


Membuat NAT Network pada VMware

Secara default VMnet8 adalah NAT Network pada VMware tapi sobat dapat merubah nya dengan cara membuat network di VMnet baru dengan mengklik " Add Network " , Lalu pilih opsi NAT. Selanjutnya Ceklis pada 2 opsi dibawah agar pemberian OS Virtual dapat terhubung dan menerima ip secara otomatis berdasarkan Subnet IP dan Subnet masknya.


Cara Mudah Membuat BRIDGE Network Pada VMware


Membuat Bridge Network pada VMware

Untuk membuat OS Virtual dapat terhubung secara fisik silahkan membuat VMnet baru jenis Bridged , Lalu pilih Network Interface pada Komputer/laptop yang akan digunakan sebagai Network Bridge. 

Pada Bridge network konfigurasi alamat IP dan subnet dilakukan pada OS Virtual dan agar dapat terhubung ke jaringan fisik harus menggunakan Alamat IP dan subnet yang sesuai berdasarkan konfigurasi jaringan fisik.


Cara Mudah Membuat Host-only Network pada VMware


Membuat Host-only Network pada VMware

Agar OS Virtual hanya dapat terhubung dengan PC Fisik. Sobat dapat membuat VMnet baru dan memilih opsi Host-only.

OS Virtual dapat saling terhubung dengan PC Fisik dengan syarat kedua nya berada dalam network yang sama contoh IP PC Fisik 192.168.235.1 dengan netmask 255.255.255.0 sedangkan untuk IP OS Virtual berikan IP 192.168.235.2 dengan netmask 255.255.255.0

Sobat dapat mengkonfigurasi IP PC Fisik dengan memberikan alamat IP pada bagian menu windows di " Network Connections " cari adapter dengan keterangan " VMware Network Adapter VMnet2 " tergantung pada VMnet berapa sobat membuat Network Host-only 

Cara Mudah Membuat Lan Segment Network Pada VMware


Membuat LAN Segment Network pada VMware

Untuk membuat LAN Segment Sobat buka terlebih dahulu OS Virtual pada VMware selanjutnya klik " Edit virtual machine settings " , Klik " Add " lalu pilih  " Network Adapter " dan pilih opsi custom dan pilih VMnet yang tidak digunakan lalu pindahkan pilihan Custom ke " LAN Segment " , Selanjutnya Klik LAN Segments dan pilih LAN Segment yang akan digunakan , Klik add untuk menambah LAN Segments lalu klik " OK ".

Dengan demikian sobat telah membuat suatu LAN Segment dengan demikian setiap OS Virtual dapat saling berkomunikasi di dalam jaringan LAN Segment yang sama.

Cara Mudah Menambah Network Adapter OS Virtual Pada VMware


Menambah Adapter OS Virtual pada VMware

Untuk menambahkan Network Adapter pada OS Virtual pada VMware , Sobat cukup buka VMware Pilih OS Virtual nya klik " Edit virtual Machine Settings " , Lalu klik " Add " dan pilih Network Adapter selanjut ceklis " Custom " dan pilih VMnet yang telah sobat buat jangan lupa untuk menyesuaikan dengan keperluan dan fungsi VMnet nya.

Sekian artikel tentang cara konfigurasi Network Adapter pada VMware. Bagi sobat yang masih belum paham perbedaan Adapter silahkan baca kembali pembahasan sebelumnya disini. Untuk artikel selanjutnya saya akan membahas tentang cara Setting Network Adapter pada VirtualBox.

Terima Kasih

VMware Virtualization for Desktop, Server, Application, Public & Hybrid Cloud

MAU COPY PASTE ATAU MENGEMBANGKAN ARTIKEL INI? SILAKAN SELAMA MENYERTAKAN LINK KE SUMBER ASLINYA!

Comments