Skip to main content

Cara Mudah Install MikroTik RouterOS


Cara Install Mikrotik RouterOS
CARAGILAKU - Seperti yang di bahas pada artikel sebelumnya bahwa Mikrotik RouterOS dapat di install pada Komputer baik secara Aktual maupun Virtual.


Adapun perbedaan yang dimaksud tentang Install secara Aktual dan Virtual ialah ,
Secara Aktual berarti MikroTik RouterOS di install langsung pada Hardisk , yang dimana MikroTik RouterOS akan dijalankan sebagai sistem operasi pada komputer tersebut.


Sedangkan perbedaan Install Secara Virtual adalah , yang dimana sebuah Komputer dengan suatu sistem operasi dan menggunakan software virtualisasi sistem operasi untuk menginstall dan mengoperasikan MikroTik RouterOS.


Berikut langkah - langkah mudah install MikroTik RouterOS secara Aktual dan Virtual. 


Cara mudah Install MikroTik RouterOS di Komputer


Cara ini ditujukan untuk sobat yang ingin menginstall MikroTik RouterOS nya secara langsung pada Hardisk komputer , walau dalam tutorial ini langkah - langkah gambar menggunakan Software virtualisasi penerapan nya sama saja dengan menginstall pada komputer secara nyata.

Menginstall MikroTik RouterOS secara langsung ke Hardisk komputer tidak saya sarankan untuk sobat yang masih menggunakan Komputer untuk multitasking , Sebab MikroTik RouterOS berbasis CLI , Menginstall MikroTik RouterOS secara langsung pada Hardisk komputer menurut saya lebih di peruntukan bagi seorang admin jaringan.

Bagi yang hanya ingin belajar Konfigurasi MikroTik , Saya lebih menyarankan untuk menginstall dan menjalankan MikroTik RouterOS secara Virtual menggunakan Software virtualisasi sistem operasi bagi sobat yang tidak memiliki perangkat Routerboard MikroTik.

Langkah Pertama adalah sobat harus memiliki File .iso MikroTik RouterOS yang dapat sobat download disini


Setelah mendownload File .iso Mikrotik RouterOS nya , Langkah selanjutnya adalah menjadikan File .iso tersebut menjadi Bootable dengan memburningnya ke CD


Selanjutnya , Masukan CD ke CD-ROM lalu nyalakan komputer dan ketika loading Bios pilih menu Booting 

Loading Bios


Silahkan masuk Boot menu dengan menekan tombol keyboard sesuai dengan bios komputer sobat , Sebab kemungkinan setiap Bios memiliki tombol yang berbeda - beda untuk masuk Bios maupun memilih Boot menu.


Silahkan pilih CD-ROM pada Boot menu

Memilih Boot Menu


Agar komputer booting pertama kali ke CD-ROM , yang dimana berisi File instalasi MikroTik RouterOS.


Setelah itu tunggu sesaat , sampai muncul menu " MikroTik Router Software Installation " seperti gambar dibawah


Menu Installasi Software MikroTik RouteOS

Lalu tekan " a " , untuk memilih semua software yang akan dinstall pada MikroTik RouterOS ( Disarankan ).

Lalu tekan " i " . untuk memulai prosess installasi MikroTik RouterOS beserta software yang telah dipilih.



Prosess Install MikroTik RouterOS

Perlu di garis bawahi saat menginstall MikroTik RouterOS , maka semua data yang ada pada Hardisk akan di hapus.


Jika sobat menyetujui nya silahkan menekan " y " pada keyboard , maka MikroTik RouterOS akan memulai menginstall semua Software yang sobat pilih sebelumnya.


Prosess Install MikroTik RouterOS Selesai

Gambar diatas menunjukan bawah prosess Installasi MikroTik RouterOS telah selesai , Langkah selanjut nya yang perlu sobat lakukan adalah mengeluarkan CD Bootable dari CD-ROM Komputer dan restart komputer.


Sukses Install MikroTik RouterOS

Jika sobat diminta untuk login silahkan gunakan username admin dan password biarkan kosong dan tekan enter , Dengan mengikuti langkah di atas sobat telah berhasil menginstall MikroTik RouterOS pada Hardisk komputer.

Sebagai tambahan untuk menginstall tidak harus menggunakan media CD sebagai Bootable installer nya tetapi dapat juga menggunakan USB. Jadi hanya perlu memilih USB device saat booting.

Cara Mudah Install MikroTik RouterOS di VMWare Workstation

VMware Workstation adalah salah 1 software virtualisasi sistem operasi populer , Yang dapat menjalankan berbagai basis sistem operasi , VMware Workstation dapat sobat coba secara gratis dengan mengunduh nya disini


Setelah VMware Workstation telah di install pada Komputer/Laptop ,

Pertama buka aplikasi nya , Dan buat mesin virtual baru dengan cara menekan CTRL + N secara bersamaan , Lalu pilih Custom agar dapat mengkonfigurasi spec yang akan digunakan sistem operasi virtual.

Silahkan tentukan " Hardware compatibility " yang akan digunakan MikroTik RouterOS , Saran saya pilih yang seri paling tinggi berdasarkan versi VMware yang di gunakan agar lebih stabil dan optimal.


Hardware Compability VMware

Pada gambar tersebut saya memilih Workstation 10.0 Sebagai versi tertinggi pada VMware yang saya gunakan , Setelah dipilih silahkan " Next " untuk ketahap selanjut nya. 

Setelah itu pilih media bootable nya , Pilihlah opsi ke2 untuk menggunakan File .iso MikroTik RouterOS untuk installasi dan browsing ketempat dimana sobat menyimpan file .iso tersebut


File Installer MikroTik RouterOS

Setelah menentukan File .iso nya silahkan klik " Next " untuk kelangkah selanjutnya.

Pada langkah ini sobat di minta untuk menentukan Jenis sistem operasi apa yang akan di install pada VMware.


Jenis OS VMware

Silahkan sobat pilih " Other " untuk kedua nya dan klik " Next " untuk ke langkah selanjutnya.

Sekarang sobat diminta untuk memberikan nama sistem operasi virtual yang akan di Install pada VMware.


Nama mesin Virtual

Sobat dapat dengan bebas untuk menentukan nama mesin sistem operasi virtual yang akan di install agar lebih mudah di kenali , Jika sudah klik " Next " untuk ke langkah selanjutnya.

Sebagaimana layak nya Sistem operasi pada umumnya , sistem operasi virtual juga memerlukan Processor , Ram dan penyimpan agar dapat diinstall dan dioperasikan. 


Konfigurasi Processor VMware

Untuk jumlah core processor yang akan diberikan pada Sistem operasi virtual , Menyesuaikan dengan Spesifikasi Komputer/Laptop yang sobat gunakan , untuk MikroTik RouterOS dapat berjalan dengan Optimal dan stabil dengan hanya 1 core processor.

Setelah menentukan core processor yang akan diberikan silahkan klik " Next " untuk melanjutkan.

Kali ini sobat diminta untuk menentukan RAM yang akan diberikan kepada sistem operasi virtual , Sistem operasi virtual akan mengambil RAM pada Komputer/Laptop yang sobat gunakan untuk menjalankannya.


Konfigurasi RAM VMware

Untuk MikroTik RouterOS dengan ram 48MB sudah cukup untuk menjalankannya , Jadi untuk pemberian RAM Sistem operasi virtual tergantung pada RAM yang terinstall di Komputer/Laptop sobat, 

Setelah memberikan RAM , silahkan klik " Next " untuk melanjutkannya.

Sekarang akan diminta jenis Network interface apa yang akan digunakan sebagai interface MikroTik RouterOS


Konfigurasi Network Adapter VMware

Untuk instalasi kali ini tidak perlu di konfigurasi ( tidak digunakan ) terlebih dahulu Network Adapter nya , Sebab setelah installasi selesai Sistem operasi dapat di modifikasi kembali Network Adapter nya menyesuaikan dengan kebutuhan dan keperluan pengunaan.

Mungkin jika sobat berminat bisa membaca terlebih dahulu pembahasan tentang Virtual Network Adapter.

Silahkan klik " Next " untuk melanjutkan.

Dalam menentukan Type Controller I/O , Saya sarankan tetap dibiarkan secara Default yaitu Bus logic 


Konfigurasi Controller Input-Output VMware

SCSI merupakan standar computer system interface dan sangat berperan penting terhadap komunikasi data antar perangkat.

Setelah dibiarkan secara Default , Silahkan klik " next " untuk melanjutkan.

Berlaku juga untuk menentukan Jenis disk yang akan digunakan untuk sistem operasi , Biarkan secara default menggunakan IDE


Konfigurasi Jenis Disk VMware

Silahkan klik " Next " ke langkah selanjutnya.

Karena posisi nya adalah menginstall secara baru sebuah sistem operasi virtual , Silahkan pilih opsi yang paling atas membuat virtual disk sebagai penyimpan sistem operasi virtual tersebut.


Membuat Hardisk Virtual VMware

Silahkan klik " Next " untuk ke langkah selanjutnya.

Di langkah sebelumnya sobat telah membuat Hardisk virtual kosong di tahapan ini Sobat diminta untuk menentukan Besar maksimal kapasitas Hardisk virtual tersebut , untuk ini saya memberikan kapasitas penyimpanan sebesar 1GB lebih dari cukup untuk menginstall dan menjalankan MikroTik RouterOS.

Konfigurasi Ukuran Hardisk Virtual VMware

Silahkan klik " Next " untuk kelangkah selanjutnya.

Ini adalah tahap akhir yang dimana sobat akan membuat virtual disk kosong dengan format .vmdk yang telah siap untuk diinstall MikroTik RouterOS.


Membuat mesin Virtual VMware

Silahkan klik " Next " untuk menyelesaikan.

Sekarang nyalakan sistem operasi virtual tersebut pada VMware dengan cara klik yang saya beri garis bawah berwarna merah.


Menjalankan Sistem Operasi Virtual VMware

Tunggu loading hingga muncul tampilan menu installasi MikroTik RouterOS seperti ini


Install MikroTik RouterOS Di VMware

Setelah itu tekan "A" untuk memilih semua software yang akan diinstall MikroTik RouterOS.
Selanjutnya tekan "i" untuk memulai prosess instalasi.

Jika proses installasi selesai , Silahkan close/turn off RouterOS tersebut dan hapus file .iso yang digunakan untuk installasi MikroTik RouterOS dengan cara sebagai berikut


Menghapus Mount .iso pada VMware

Pertama klik " edit virtual machine settings " dan pilih " CD/DVD " lalu klik " Remove "
Selanjut nya " OK " agar tersimpan , dan silahkan nyalakan kembali


Install MikroTik RouterOS di VMware

Login dengan menggunakan username " admin " dan untuk password biarkan kosong lalu enter , Dengan demikian sobat telah berhasil menginstall MikroTik RouterOS secara virtual dengan VMware Workstation dan siap untuk dikonfigurasi.


Cara Mudah Install MikroTik RouterOS di VirtualBox

VirtualBox ini sama dengan VMware sebuah software yang dapat menjalankan sistem operasi secara virtual , Yang menjadikan perbedaan diantara kedua nya adalah , VMware Workstation adalah Software berbayar sedangkan VirtualBox software gratis yang dapat sobat unduh versi terbarunya disini.


Langsung saja masuk kedalam inti pembahasan dibagian ini langkah - langkah install MikroTik RouterOS di VirtualBox.

Silahkan sobat buka terlebih dahulu VirtualBox yang telah terinstall di Komputer/Laptop , Lalu klik icon " New " yang berada di pojok kiri atas menu VirtualBox.

Sobat akan langsung diminta memberikan nama Sistem operasi virtual dan menentukan jenis nya , Silahkan sobat ikuti type dan versi yang saya gunakan.

Jenis OS VirtualBox

Setelah itu sobat diminta untuk memberikan ukuran memori yang akan digunakan sebagai RAM , Saya memberikan 64MB sebab sudah cukup untuk menjalankan MikroTik RouterOS.






Selanjutnya VirtualBox akan mengkonfirmasi untuk membuat Virtual Hardisk , Silahkan klik create.


Membuat Virtual Hardisk VirtualBox

Setelah membuat Virtual Hardisk , selanjut nya sobat diminta untuk memilih Type format Hardisk Virtual yang akan digunakan.


Jenis Virtual Hardisk VirtualBox

Setelah memilih Format Virtual Hardisk yang akan digunakan , Selanjut nya sobat diminta untuk menentukan metode pemberian kapasitas hardisk , Ada secara otomatis maupun manual , Saya sarankan manual " Fixed " sehingga hanya perlu memberikan kapasitas seperlunya.


Memilih Jenis Metode Pembagian Kapasitas Hardisk Virtual VirtualBox

Selanjutnya sobat akan diminta menentukan kapasitas yang akan diberikan untuk Virtual Hardisk yang akan digunakan sebagai Virtualisasi MikroTik RouterOS.


Konfigurasi Kapasitas Virtual Hardisk VirtualBox

Langkah terakhir klik " Crate " untuk membuat Hardisk Virtual yang telah dikonfigurasi , Selanjut nya jalankan sistem operasi yang telah dibuat tadi.

Booting File Iso VirtualBox

Silahkan sobat setting agar booting menggunakan File .iso MikroTik RouterOS dengan cara klik yang saya beri panah merah , cari dimana File .iso MikroTik RouterOS disimpan lalu pilih file tersebut dan Start agar masuk ke tahap Installasi MikroTik RouterOS.


Install MikroTik RouterOS di VirtualBox

Sekarang sobat tekan " A " pada keyboard untuk memilih semua software yang akan install.

Lalu tekan " i " pada keyboard untuk memulai Installasi MikroTik RouterOS.

Dan tekan " Y " pada keyboard untuk memformat Virtual Hardisk dan memulai proess installasi.

Jika Prosess installasi RouterOS Selesai , Silahkan sobat remove file .iso yang termount ke sistem operasi tersebut sebab jika tidak di remove akan kembali lagi ke tahap installasi seperti semula , Silahkan ikuti cara berikut untuk me-remove nya


Remove Optical Devices VirtualBox

Perhatikan gambar diatas yang saya beri panah , cara untuk meremove file .iso saat booting adalah klik menu " Optical Drives " lalu klik " Remove disk from virtual drive " , Setelah itu silahkan reboot MikroTik RouterOS yang telah terinstall di VirtualBox.


Install MikroTik RouterOS di VirtualBox

Silahkan sobat login menggunakan username " admin " dan password dikosong lalu enter , Dengan demikian sobat telah sukses menginstall MikroTik RouterOS secara virtual di VirtualBox dan siap digunakan untuk konfigurasi.

Demikian Pembahasan sederhana kali ini tentang MikroTik , Di Artikel selanjut nya akan membahas tentang Jenis Network Adapter sekaligus konfigurasi nya pada VMware Workstation dan VirtualBox.

Terima Kasih

Mikrotik Indonesia - www.routeros.co.id - Download Area

VMware Virtualization for Desktop, Server, Application, Public & Hybrid Cloud

Oracle VM VirtualBox

MAU COPY PASTE ATAU MENGEMBANGKAN ARTIKEL INI? SILAKAN SELAMA MENYERTAKAN LINK KE SUMBER ASLINYA!

Comments