Skip to main content

Jenis Tipe Network Adapter Pada VMware dan VirtualBox

Jenis Tipe Network Adapter Pada VMWare dan VirtualBox
CARAGILAKU - Di artikel sebelum nya , kita membahas tentang cara menginstall MikroTik RouterOS secara aktual dan virtual.

Bagi sobat yang baru belajar MikroTik dan menggunakan MikroTik RouterOS secara Virtual, artikel ini sangatlah penting untuk dipahami dan pelajari sebab sobat harus mempu untuk menentukan jenis network adapter apa yang akan digunakan berdasarkan kebutuhan ketika konfigurasi network interface untuk mesin RouterOS.  

Sistem operasi virtual berarti juga menggunakan Network Adapter virtual sebagai interface untuk komunikasi dengan jaringan , Secara umum ada 4 Jenis Adapter yang digunakan pada software virtualisasi sistem operasi yaitu NAT , Bridged , Internal Network dan Host-only adapter.

Yang akan saya jelaskan dengan bantuan Grafis untuk mempermudah sobat untuk memahami keempat jenis adapter tersebut pada penggunaan sistem operasi virtual.


Grafis Jenis Virtual Network Adapter

Gambar diatas saya buat berdasarkan jenis Network Adapter dalam bentuk topologi komputer yang dibuat dengan Gliffy Diagram. Sekarang saya akan menjelaskan pada sobat secara 1 per 1 jenis Network Adapter tersebut.

Pengertian Network Adapter NAT pada VMware dan VirtualBox


Grafis Virtual Network Adapter Jenis NAT

Pada jaringan jenis NAT , OS Virtual memperoleh IP secara otomatis dan dapat mengakses internet jika PC Fisik terhubung ke Jaringan yang terhubung ke internet , Pada jaringan NAT OS Virtual dapat berkomunikasi dengan jaringan Fisik sedangkan Jaringan Fisik tidak dapat berkomunikasi OS Virtual.


Pengertian Network Adapter BRIDGE pada VMware dan VirtualBox


Grafis Virtual Network Adapter Jenis BRIDGE

Sedangkan pada jaringan virtual jenis BRIDGE , OS Virtual dapat saling berkomunikasi dengan Host pada jaringan Fisik dengan menggunakan Interface Network PC Fisik.


Pengertian Network Adapter Host-only pada VMware dan VirtualBox


Grafis Virtual Network Adapter Jenis Host-only

Di jaringan Host-only , OS Virtual hanya dapat berkomunikasi dengan PC Fisik melalui Network Interface , Interface tersebut dapat sobat temui pada menu " Network Connections " ( Windows ) dan cari interface Host-only untuk mengkonfigurasi alamat ip.


Pengertian Internal Network / Lan Segment pada VMware dan VirtualBox



Grafis Virtual Network Adapter Jenis Internal Network atau Lan Segment

Sedangkan di jaringan Internal Network / Lan Segment , PC Fisik tidak dapat berkomunikasi dengan OS Virtual. Hanya sesama OS Virtual yang dapat berkomunikasi dengan OS Virtual lain dalam segmen network tersebut berdasarkan pengalamatan ip dan konfigurasi.

Sekian pembahasan sederhana ini tentang Jenis Virtual Network Adapter pada VMware dan VirtualBox. Di artikel selanjutnya saya akan membahasa tentang bagaimana cara menambahkan dan mengkonfigurasi Network Adapter pada VMware dan VirtualBox.

Terima Kasih

Perbedaan NAT Bridge Virtual Box Network Adapter

VMware Virtualization for Desktop, Server, Application, Public & Hybrid Cloud

Oracle VM VirtualBox

MAU COPY PASTE ATAU MENGEMBANGKAN ARTIKEL INI? SILAKAN SELAMA MENYERTAKAN LINK KE SUMBER ASLINYA!

Comments