Skip to main content

Cara Mudah Belajar MikroTik

Belajar MikroTik untuk pemula
CARAGILAKU - MikroTik adalah sebuah perusahaan kecil yang berpusat di kota Riga , Ibu kota negara Latvia, dibentuk oleh Jhon Tully dan Arnis Riekstins pada tahun 1995.


MikroTik terkenal dengan Produk nya baik dalam bentuk Perangkat keras ( Hardware ) yaitu Routerboard , Dan dalam bentuk perangkat lunak ( Software ) yaitu RouterOS.


Yang akan saya bahasa secara 1 per 1 , Sebelum menyimak lebih jauh perlu di garis bawahi kembali bahwa dalam penulisan artikel ini di landasi oleh " Sama - sama belajar " , Sehingga penulis membutuhkan kontribusi pembaca untuk memperbaiki kekurangan konten ini.


MikroTik Routerboard

MikroTik Routerboard
MikroTik Routerboard adalah produk dari MikroTik dalam bentuk Perangkat , Yang dibekali MikroTik RouterOS untuk menjalankan nya.


MikroTik Routerboard memiliki kisaran harga yang terjangkau , Dengan fitur dan kemampuan yang di tawarkan , membuat MikroTik Routerboard cocok sebagai Router untuk jaringan perkantoran skala menengah kebawah.


Untuk mengkonfigurasi MikroTik Routerboard umumnya dapat menggunakan software Winbox , Putty maupun lewat browser dengan mengakses alamat ip Routerboard dan akan muncul WebFig untuk meremote router.

MikroTik RouterOS


Tampilan MikroTik RouterOS pada VirtualBox
MikroTik RouterOS adalah sistem operasi yang di tujukan untuk network router yang dapat di instal pada komputer maupun laptop , Mikrotik RouterOS dapat diinstal langsung di Hardisk maupun Hardisk Virtual dengan menggunakan software virtualisasi sistem operasi.


MikroTik RouterOS adalah solusi bagi sobat yang kekurangan alat dan perangkat untuk belajar konfigurasi Router MikroTik , MikroTik RouterOS tidak memerlukan spesifikasi tinggi untuk di jalankan , berikut spesifikasi hardware minimal untuk menjalankan Mikrotik RouterOS baik secara Aktual maupun Virtual


CPU : Core Frequency 100Mhz ( Di Rekomendasikan Intel Pentium )
RAM : 32MB , Di Rekomendasikan 64MB atau 128MB )
DISK : 48MB , Di Rekomendasikan 128MB atau 256MB )


Dengan Spesifikasi tersebut Sobat sudah dapat menginstall dan menjalankan MikroTik RouterOS pada Komputer/Laptop sobat , Dilengkapi pula dengan layanan - layanan network platform antara lain

  1. Firewall dan NAT
  2. Routing
  3. Bridging
  4. Data Rate Management
  5. Point-to-Point links
  6. Tunnels
  7. IPsec
  8. VLAN
  9. DHCP
  10. HotSpot
  11. Universal Client
  12. NTP
  13. Monitoring/Accounting
  14. Tools
  15. DNS Client
  16. SNMP
  17. MikroTik Packet Packer Protocols (M3P)
  18. MikroTik Neighbour Discovery Protocols (MNDP)

Level MikroTik RouterOS


Level pada MikroTik RouterOS
Saat menggunakan MikroTik RouterOS akan ada batasan nya tergantung lisensi Level RouterOS Yang digunakan , Terdapat 6 Level pada MikroTik RouterOS yang dimana setiap level memiliki fitur dan kelebihan yang lebih banyak lagi.


Berikut tabel perbedaan kemampuan berdasarkan Lisensi level MikroTik RouterOS yang digunakan.

Tabel Lisensi level MikroTIK RouterOS
Keterangan : Untuk Lisensi level 0 , Tidak memerlukan lisensi tapi hanya dapat berjalan (uptime) selama 24Jam.

Sekian pembahasan sederhana pengenalan MikroTik Routerboard dan RouterOS , Selanjutnya akan mulai membahas tahapan-tahapan Install MikroTik RouterOS.

Terima Kasih

Comments